Story of my life : Audisi x-factor



Salah satu passion gue dalam hidup selain passion menjadi orang gila (yang mana bisa kalian lihat di instagram gue), gue juga memiliki passion menyanyi...

Waktu kecil dulu gue inget kalo bokap gue berlangganan indovision dirumah... Waktu itu harga indivision masih murah karena baru launching... Hanya 100rb / bulan udah bisa nonton cinemax, Axn, HBO, dan fashion tv 🙈 (IYKWIM)... Nah, kalo kalian ingin berlangganan indovision silahkan anda menghubungi 500 900 dari telpon anda sekarang juga !! 

Kesenangan gue dalam bernyanyi dimulai dari hobby gue nonton HSM di disney channel dulu... Entah udah berapa kali gue ngulangin nonton HSM, dan entah berapa banyak poster troy dan gabriella menghiasi kamar gue , hingga puncaknya gue berjanji sama diri gue sendiri pokoknya kalau besar nanti gue harus bisa ikut main film HSM !! ( emang dari kecil gue udah bego gitu kok)

Keinginan yang begitu besar menjadi pemain film HSM , membuat gue sering nyanyi lagu" HSM... Gue juga tidak lupa untuk ambil kursus... Kursus sempoa, karena waktu itu nilai matematika gue ancur banget bro...

Hingga akhirnya gue bertumbuh besar, gue pun sadar kalau gue ga akan pernah bisa main film HSM. Selain karena seri HSM hanya dibuat sampai seri 3, gue ga yakin peran apa yang akan gue dapat kalau gue nekat mengikuti casting HSM mengingat kan pemain HSM pada cakep-cakep tuh...kalaupun keterima  Paling" peran yang bakalan gue dapat yaitu.....



Meskipun mimpi menjadi pemain film HSM udah gue kubur dalam", tapi mimpi gue menjadi artis masih gue biarkan bersinar terang .. Seterang kepala deddy corbuzier



Hingga akhirnya gue masuk SMA di salah satu sekolah swasta di SBY...waktu itu gue lagi browsing-browsing di internet, dan sampailah di page yang mengatakan kalau audisi Xfactor akan segera diadakan di kota-kota besar di Indonesia... Gue pun sangat bersemangat melihat kabar itu, mengingat gue udah gabisa lagi ikut audisi Idola cilik yang menjadi cita" gue waktu kecil...

gue pun mencoba mengajak temen" gue... Alhamdullilah , dari 37 temen yang gue ajak ada 1 orang yang juga mau ikutan audisi bareng gue.. Sebut aja namanya Siska ... (nama aslinya Fransiska, tapi kita samarkan aja jadi siska ya)

Gak ada latihan khusus untuk mempersiapkan diri sebelum audisi dimulai... Satu"nya latihan yang gue lakukan hanya downloadin video karaoke di youtube..lalu nyanyi nyanyi ga jelas... Sementara mungkin peserta lainnya, mengikuti kelas vokal .. Berlatih siang malam... 

Hari audisi pun akhirnya tiba... Gue bangun pagi" banget jam 5 supaya ngantrinya gak terlalu panjang maksud gue... Gue mandi, lalu memakai baku kemeja kotak" coklat...dan gue pun berangkat naik taxi, sepanjang perjalanan gue ke tempat audisi, pikiran gue dipenuhi khayalan-khayalan kalau gue bentar lagi udah mau jadi artis... Hari" gue akan gue jalanin dengan ikutan shooting bareng mak ijah maybe.. Atau mungkin muka gue bakal dijadiin brand salah satu produk... Produk makanan ikan misalnya... 


Tidak terasa sampe juga gue di balai prajurit surabaya tempat dilaksanakan audisi saat itu...setelah gue bayar taxi sebesar 46.000 gue inget banget , lalu gue pun pergi mengantri... Antrian hari itu panjaaaaaaaaang bangeettt... Panjanganya itu pokoknya panjaaaaaaaaaaaannngg banget....pokoknya udah berasa lagi ngantri buat masuk konser super junior... 

Waktu lagi ngantri, akhirnya temen gue datang... Dan kita bersama-sama mengantri dibawah panas matahari... Tanpa payung, tanpa sunblock, hanya bermodal nekat dan impian ingin jadi  artis.... Hari semakin siang dan antrian nya kayaknya gak jalan-jalan, ngestuck disitu-situ aja kayak antrian mobil dipuncak waktu musim liburan.. Dari jauh gue liat antrian di depan gue udah banyak cewek-cewek yang pingsan... MAMPUS LU... Kalo bisa ini orang-orang pada pingsan aja semua biar antriannya jadi pendekan dikit...

Jam udah menunjukan pukul 11.. Gue habiskan waktu gue menghafal lirik lagu payphone dalam hati... Hari itu gue berkenalan dengan banyak orang di lokasi, mana tau salah satu dari mereka jadi artis kan lumayan gue bisa ikutan nimbrung,.. Setelah berkenalan sana-sini akhirnya terkumpulah 5 orang yang menjadi temen gue selama audisi... Pokoknya kita ngapa"in bareng, cerita-cerita... Beli minum bareng... Makan nasi bungkus bareng.... Sampe gak kerasa kita udah masuk dalam gedung...

Ngantri didalam gedung lebih enak... Selain adem, didalem gedung kita ditemenin sama host XFactor yang inisialnya RP ... Menurut gue ya, RP aslinya ga cakep-cakep amat, cakepan juga gue seandainya muka gue miril al gazhali.... Btw, si RP mukanya itu *Sorry to say* kayak bengkak" gitu ala ala orang di suntik botox...

Okay gue langsung singkat cerita aja.. Setelah ngantri beberapa lama digedung, akhirnya giliran gue untuk masuk kedalam ruang audisi.... Ternyata, kalau kalian audisi x-factor, kalian tidak langsung di judge oleh rossa ataupun mas Dhani... Tapi tahap awal kalian akan diaudisi oleh juri-juri yang berprofesi sebagai guru vocal, guru musik, guru matematika, guru akuntansi... *ini mau audisi Xfactor atau ikut test PNS yak*

Dalam ruang audisi terdapat 12 bilik yang mana setiap biliknya ada 2 orang juri yang akan memutuskam apakah kamu layak untuk masuk ke tahap selanjutnnya yaitu tahap audisi yang mana jurinya adalah artis papan atas, contohnya teh ocha...


gue ingat hari itu gue dapet bilik nomer 10, di dalem bilik itu sudah ada 1 juri cewek pake baju kaos putih oblong..yang ga bakal pernah gue lupain mukanya , lagi menunggu gue...

"Halo.. Geraldy tanusaputra?"
"Yak.."
"Mau nyanyi lagu apa ?"
"Yak.."
"Kamu saya usir aja yah?"
"Yak.."

Okeoke percakapannya bukan seperti itu deng..

Halo.. Geraldy tanusaputra?"
"Iya..."
"Mau nyanyi lagu apa ?"
"Payphone by maroon 5.."
"Yaudah.. Yuk silahkan.."
"Ayuk mbak..."

Dan akhirnya gue nyanyi denganpenuh  penghayatan... Sesekali tangan gue, gue kepak-kepakan entah apa maksudnya.. Biar ga monoton aja sih... Waktu lagi asik-asiknya nyanyi, tiba-tiba orang dari bilik sebelah gue dengan kurang ajarnya berteriak" teriak menyanyikan lagu rock gajelas... Akhirnya , suara gue yang lembut.. Selembut pembalut baru ini ,ketutupan dengan suaranya yang begitu keras...

Tidak sadar lagu payphone pun selesai gue nyanyiin...

"Suara kamu makin lama , makin kecil ya.." Kata mbak-mbak juri itu dengan senyum tipisnya,membuat tai lalat diatas bibirnya bergelinjang dikit

"Iya.. Hehehehe" kata gue disertai ketawa bego

"Hmm nanti kalo dipanggung orang ga bisa denger dong... Bisa lagu Indonesia gak?"

"Hmm... Ga bisa kak... Hehehe" ketawa bego lagi

"Gak bisa sama sekali?

"Iya.. Hehehehe" gue ketawa bego lagi, mungkin mbak juri udah eneg dengan ketawa gue kali ya..

"Yah sayang banget ya... Padahal sebenarnya kamu ada potensi...Yaudah kalo begitu... Makasih ya" dia memberikan gue kartu berwarna biru dengan logo x factor ditengahnya...

Lalu gue keluar bilik sambil memegang kartu berwarna biru tadi...Apa arti kartu biru ini? Gue kan suka warna biru? Apakah gue bakal keterima? Kenapa tadi gue gak nyanyi lagu indonesia ? Kenapa orang sebelah gue nyanyi lagu rock? Kenapa? Kenapa? Kenapa pinguin ga bisa terbang?

Begitu banyak pertanyaan berlalu lalang dikepala gue... Hingga akhirnya gue menjadi tahu apa arti kartu biru tersebut setelah salah seorang panitia bertanya...
"Kartunya?" .... " oh iya.." Kata gue Sambil ngasih kartu biru tadi... "Oh iya... silahkan ikuti orang itu ya mas... Terima kasih" kata dia sambil menunjuk temennya... Gue yang masih ngeblenk berjalan menuju orang itu..
"Sebelah sini mas..." Kata dia sambil menggiring gue kepintu gerbang yang atasnya bertulisan "Exit"


Hari itu gue gagal dalam audisi pertama gue di X factor... Meskipun idung gue udah terkelupas karena terbakar matahari...meskipun gue harus antri berjam-jam ditengah ratusan orang... Kepanasan dan harus menghirup bau ketek dan bau keringat orang orang yang ikutan ngantri sama gue... tapi gue tidak menyesali satu hal pun... Pengalaman audisi Xfactor akan menjadi salah satu cerita kalau gue udah sukses nanti... Dan buat mbak juri , gue hanya ingin pastiin lu bakal nyesel ga pilih gu... Satu hal, gue gak bakal ngelupain tai lalat diatas bibir itu yang seolah-olah menertawai kegagalan gue ...


Tapi setidaknya hari ini gue udah mencoba... Dan gue bersyukur bisa merasakan kegagalan... Karena gue jadi tau apa yang kurang dalam diri gue.. Gue jadi bisa mengupgrade lagi diri gue sampai mencapai level max... Dan yang paling penting gue udah masuk tivi meskipun hanya sepersekian detik.. Itupun hanya rambut gue yang keliatan karena muka gue ketutupan orang didepan gue.. 

Life is bored... So Why dont you try something challenging?

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

2 komentar:

  1. Life is bored, so why dont u try something Challenging?
    True, thx your question. Inspiring me

    BalasHapus
  2. Bro Klo di Indonesian Idol warna biru artinya lolos ,nah Kalo di x factor merah Kali ya tuk bisa lolos?
    By the way usia brp bro?

    BalasHapus