TIPS : Menjadi Meme Creator Yang Tidak Membosankan

 Sebelum memulai tulisan kali ini, gue ingin mengucapkan SELAMAT TAHUN BARU buat teman-teman yang merayakan !!!! gak nyadar juga ternyata udah setengah tahun lebih sejak last post gue.




Okay, lanjut ke topik sesungguhnya dari post ini.


Menjadi Selebgram tentu saja menjadi impian semua orang.. betul ? mulai dari adek-adek kita yang masih imut-imut sampe mbak-mbak penjaga counter hape, semuanya punya instagram. bahkan mungkin di tahun mendatang instagram dijadikan syarat untuk membuat KTP.. who knows.

akan tetapi menjad terkenal di dunia maya bukanlah hal yang gampang. hanya ada 2 hal yang akan membuat kamu terkenal, yaitu Jadi SUPER CAKEP ataupun jadi SUPER UNIK (baca : menjijikan). bagi mereka yang dikaruniai wajah yang bisa bikin lawan jenis mengepit paha  dan bodi seperti botol "Aqua sparkling" gampang saja bagi mereka untuk menjadi terkenal. Sementara apa kabar dengan kita? yang wajahnya seperti gusi Kuda dan membutuhkan operasi pelastik 12 kali agar terlihat menawan (itupun kalau ada plastik yang mau). bagaimana nasib kita? apakah masih ada harapan?


BONUS:
 PENAMPAKAN BOTOL AQUA SPARKLING YANG SEXY ABIS (PENGEN GUA PACARIN)


Gue bilang.. YA !!! selalu ada harapan selama ada niat.
So, karena kita tidak bisa jadi Manusia cakep yang wajahnya bersinar-sinar seperti habis dipolis pake sampo motor ,maka kita bisa menjadi kebalikannya. Yaitu manusia super Langkah yang spesiesnya sisa satu didunia yaitu Dirimu Sendiri.

caranya ? kamu bisa bikin konten konten unik seperti Vidgram dan lain sebagainya.
atauuuuuuu.... cara yang paling gampang kamu bisa buat meme !! (bacanya mim, tapi bodo amat gue bacanya tetep meme pokoknya !)

awal mula karir gue menjadi orang gila instagram berawal dari keisengan posting meme yang berlanjut menjadi Hobi. gue juga suka browsing meme melalui hashtag dan melihat-lihat karya temen-temen meme creator lainnya. ada yang pernah ngechat gue, dia curhat "kenapa sih followers aku gak naik-naik padahal aku sering bikin meme?"... ada juga yang nanya ke gue "kenapa sih masih jomblo, padahal kan lu gak jelek-jelek amat"... maaf mbak, jadi jomblo adalah Passion saya !

So , seperti kata gue diposyt sebelumnya.. kalo kamu merasa udah giat tapi gak ada hasilnya pasti ada yang salah dengan postingan kamu. Coba dicek dulu bro,sis kira-kira kesalahan apa yang sudah kamu lakukan.

Berikut tips dari gue buat kalian yang suka bikin Meme, ini hanya berdasarkan pengalaman gue aja sih gue harap bisa menginspirasi temen-temen semua :

1. Mungkin MEME kamu tidak menarik !!!!!!
Membuat meme yang bisa membuat orang tertarik tidak lah mudah, oleh sebab itu dibutuhkan yang namanya TOTALITAS. tidak asal selfie, ngedit seadanya, tulisan dikasih warna ungu gelap sampe-sampe gak kebaca apa apa, Inget kamu mau buat meme, bukan mau buat sandi buat ngodein gebetan kamu. Totalitas itu seperti apa? totalitas bisa kamu tunjukin dari cara kamu mengedit meme, mengutak-atik sana sini, dikasih filter biar lebih menarik. Selain itu banyak diluar sana orang-orang yang membuat meme selfie. apa itu meme selfie ? meme selfie adalah, meme yang dibuat berdasarkan hasil selfie kamu yang biasanya dicollage menjadi 4 atau 6 terus dikasih tulisan (yang biasanya seputar cinta : "jadi kamu yakin mau putusin aku?" atau seputar pertemanan "Sahabat itu orang yang gak nusuk dari belakang blablabla") dan ditambahi sticker ala-ala emoji android agar terlihat cute. Pada moment ini kamu harusnya sudah mulai bisa membedakan mana yang namanya cute dan mana yang namanya alay (ups !). Meme selfie dipopulerkan oleh @clairineclay, yang perlu diketahui kalo meme selfie yang dibuat Clairine meskipun jayus tapi orang pada demen, kenapa? karena dia cantik. Gue gak bilang kalo kalian jelek ya, hanya saja kecantikan Clay yang diatas rata-rata bisa menyihir mata pengguna dunia maya buat memfollow dia. Sementara kalau kamu yang biasa biasa aja, memaksakan diri menadi imut kayak Clayrine clay salah-salah jatuhnya jadi Norak (ups 2) dan bisa menyihir mata masyarakat menjadi rabun ayam. 

Namun gue punya tips buat kalian yang ingin membuat meme selfie :
1. Ekspresi harus sesuai dengan tulisan, maksud serta makna dari meme kamu, tidak asal klian selfie cantik... cekrek, cekrek,edit kasih tulisan upload ! Pokoknya ekspresi harus pol..

2. Hindari menulis tulisan di meme menggunakan warna warna sok imut seperti Pink, Kuning, Ungu, Biru cengeng, dlsb. karena hal ini hanya akan membuat tulisannya menjadi tidak terlihat dan terkesan seperti anak ayam yang dicat warna. sebaliknya gunakan tulisan putih. karena putih itu bersih. warna putih juga membuat tulisan lebih terlihat jelas
.
3. Jangan menggunakan emoji. kenapa? karena itu hanya akan membuat meme kamu menjadi sangat alay, seperti cabe-cabean yang di pahanya ada bekas knalpot.

4. pencahayaan harus bagus.  kalo gue nih ya (kalo guee loh ya) mendingan gue gak upload sesuatu daripada hasil karya gue jelek. yang ingin gue bilanng disini adalah, kualitas gambar kamu harus bagus atuh. foto diluar ruangan  lebih bagus, jangan foto didalam kamar yang gelap, apalagi kalau kamera hape kamu bukan iphone6 dan burem banget seperti hape gue. Jadi kalo siang pas ada matahari, pergi keluar.. foto yang banyak buat jadi bekal.takutnya foto kamu yang gelap itu akan disangka foto penampakan, dan selanjutnya kamar kamu akan dikunjungi tim "Mister tukul jalan jalan" auuuu...

adapun aplikasi yang gue gunakan kalo bikin meme :
1. Picsart (For android and Ios)

Picsart bagus buat ngedit, kasih filter, ngasih tulisan dengan font yang keren-keren, pokonya apps multi fungsi



2. Papelook (For android and Ios)

papelook cocok buat kamu yang mau bikin meme dengan background putih, cara pakeknya juga gampang








3. Eraser tool (For android)

gunanya buat memotong background gambar, setelah itu kalian bisa menggunakan papelook untuk membuat memenya








4.pixlr (for android and ios)

untuk mencollage gambar adi 4 kotak atau 6 kotak









5. Instafit (for android )

untuk membuat gambar yang gede , panjang, lebar, luas, menjadi kotak dan sesuai dengan ukuran instagram








6. Meme generator (for Ios)

untuk membuat gambar meme yang kayak di 9gag tuh

"







waw kak aplikasinya banyak amat?" "emang dek, TOTALITAS"
info : sekali buat meme gue biasannya menghabiskan waktu 30 menit mulai dari mikirin konsep sampai ngedit yang bolak balik aplikasi.


2. Mungkin MEME kamu hasil remake
Sebenernya gak ada yang salah ketika kamu meremake karya orang lain, yang salah adalah kamu tidak bisa lebih baik dari dia. YAP, kalau kamu remake hasil karya orang lain maka kamu harus bisa melebihi dia, ataupun setara dengan dia. karena jika tidak, maka orang-orang akan melewatkan meme kamu begitu saja ditimelinenya karena dia sudah lihat yang lebih baik. Meme yang berhasil adalah ketika ada memention temennya untuk  melihat karya kamu. dan agar orang mau melakukan itu dibutuhkan karya yang original dan belum dilihat ditempat lain yang hanya ada ditempat kamu. Oleh sebab itu, penting buat kamu untuk mencatat setiap ide yang terlintas dipikiran kamu ke notes dihape kamu atau mau kamu catat dibuku juga boleh,sok . dan jangan lupa kalau remake atau repost kasih credit atu at least jangan menghapus watermarknya, belajarlah untuk menghargai karya orang lain, karena rasanya ketika karya itu dicuri.... sakitnya tuh di anu

Tips meremake meme orang lain :
1. Buat twist ending. hah apaan tuh kak? twist ending maksudnya akhir cerita yang beda dan tidak disangka. jadi intinya kamu boleh mengambil ide pokok, hanya saja dibeda-bedain dikit
2. Gunakan gambar yang sama, tapi tulisannya diubah. ataupun gunakan tulisan yang sama tapi gambarnya diubah
 
3. Mungkin MEME kamu gak jelas 
Bisa jadi meme yang kamu buat gak jelas. maksudnya apa, tujuannya apa, lucunya dimana.. hanya kamu , Tuhan, dan mikroba  yang tau. oleh sebab itu diperlukan Sense of humor yang oke. Saat membuat meme, kita harus mempunyai pikiran kalau kita membuat meme untuk orang lain, maka pikiran yang harus ada di otak adalah "Kira-kira kalau gue post ini lucu gak ya?" , dan jika kamu merasa kurang, jangan memaksakan diri untuk dipost, karena hanya akan memperburuk gallery instagram kamu, sebaiknya kalo masih ragu posting dulu di medsos lainnya dan liat tanggapan  orang. medsos yang bisa kamu gunakan : 1Cak, Facebook, Path, Atau Line. dan kamu harus kuat mental, karena memposting karya kamu ke medsos itu berarti kamu siap dijudge. mau dijudge positif, negatif.. anggap aja kalau kamu dikasih saran buat mengupgrade diri kamu jadi lebih baik

4. Mungkin Kamu jangan buat MEME?
gimana? meme kamu masih gak lucu? mungkin sudah saatnya kamu pikir kembali apa jangan jangan gue gak bakat jadi meme creator. Tenang, kamu masih bisa menjadi selebgram dengan cara lain. misalnya jadi food blogger, video creator, pemain musik, seniman. pokoknya ciptakan keunikanmu sendiri, dimana orang lain tidak bisa dapatkan di tempat lain. Misalnya kamu cosplay yang keren, atau kamu bisa main skateboard gapake roda. Pokoknya rumusnya itu :

Bakat + niat + totalitas + kualitas = mudahmudahan sukses

menurur gue, Yang paling penting dalam mengupload konten di ig adalah:
Editan, Kualitas Gambar (Filter, pencahayaan, dlsb) dan hashtag yang sesuai dengan kegemaran kamu. jangan lupa terus berjuang dengan memention akun" besar yang berhubungan dengan akun kamu seperti suka buat meme tag ke dagelan dll , suka foto makan tag kemana gitu gue juga kagak tau. sapa tau bisa direpost, itu salah satu jalan kamu bisa mendapat banyak followers, selain kamu bisa beli di olshop.. banyak yang jual tuh 100 rbu = 1000 followers.

Sekian dari gue, semoga bisa meginspirasi. Gue sadar kok, kalau postingan gue kadang jayusnya minta ampun, oleh karena itu gue disini bukan untuk menjudge, mementor atau apalah, melainkan untuk berbagi. kalo ada yang tersinggung langsung aja komen di ig gue "WOY APA APAAN TULISAN BLOG LU... GUE TERSINGGUNG" tujuannya apa? Gatau juga, buat menuh menuhin komen aja sih

Terus berkarya teman-teman, sampai umpa dipost berikutnya !

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar:

Posting Komentar